KOTA METRO – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Muhammadiyah Metro berkolaborasi dengan SMK Muhammadiyah 1 Metro sukses menyelenggarakan Seminar Pelajar bertema “Manajemen Waktu dan Mandset Positif, Solusi sukses Masa Depan” pada kamis, 12 juni 2025, bertempat di Aula SMK Muhammadiyah 1 Metro.
Kegiatan yang diikuti oleh puluhan siswa siswi ini turut didukung oleh Kepala Sekolah dan Dewan Guru beserta Staf SMK Muhammadiyah 1 Metro.
Alfa Salam selaku ketua pelaksana dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kemampuan dan mindset kita harus bisa mengatur diri kita dalam membagi waktu adalah adalah calon untuk orang-orang yang sukses penting bagi para siswa, baik dalam sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
“Manjemen waktu dan bicara Mindset tapi jalan untuk mengubah pola hidup dalam mengatur waktu , menebar manfaat, dan membuka peluang kunci sukses. ” ujar Alfa.
Seminar ini menghadirkan mahasiswa Program Studi KPI Universitas Muhammadiyah Metro sebagai narasumber utama.
Fikri Ardiansyah selaku pemateri pertama menyampaikan dalam materinya tentang pandangan islam terhadap manajemen waktu sebagai amanah dari Allah SWT.
“Dalam Islam, manajemen waktu dipandang sebagai pengelolaan amanah dari Allah SWT. Setiap detik waktu yang diberikan kepada manusia akan dimintai pertanggungjawabannya. Oleh karena itu, umat Islam diperintahkan untuk memanfaatkan waktu dengan amal yang bermanfaat dan tidak menyia-nyiakannya.” Ungkapnya
Pada materi kedua Ferlina Wati menyampaikan bahwa mindset positif bukan berarti menangkal realita.
“Mindset positif bukan berarti menyangkal realita, tapi memilih untuk merespons dengan cara yang membangun. Dengan mindset positif, kita bisa mengubah tantangan menjadi peluang dan keterbatasan menjadi kekuatan.”
Harapannya dengan terselenggaranya pelatihan ini dapat menjadi inspirasi dan juga motivasi bagi para siswa-siswi khususnya di SMK Muhammadiyah 1 Metro untuk dapat memanjemen waktunya dengan baik dan dapat mengelola fikiran untuk terus menanamkan mindset yang positif.